Terus Menyusut, Air di Waduk Manggar Balikpapan Tersisa 53 Hari

0
Haidir Effendi Direktur Utama PDAM Balikpapan (foto : Rahma Daty)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Curah hujan yang belum tinggi menimbulkan kekhawatiran PDAM BAlikpapan. Pasalnya, air di Waduk Manggar Balikpapan yang merupakan sumber utama air baku PDAM terus menyusut.

Direktur Utama PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi mengatakan ketinggian air di Waduk Manggar hingga saat ini saat ini mencapai 6,13 meter.  Sehingga diperkirakan persediaan air baku tidak sampai dua bulan atau 53 hari saja.

“Sampai saat ini ketinggian waduk sudah 6,13 meter. Curah hujan juga masih jarang sekali,” ungkapnya, Selasa (19/1/2016).

Menyusutnya air di Waduk Manggar akan dapat teratasi dengan adanya penambahan kuota air dari Dinas Pekerjaan Umum. Sebelumnya PDAM mendapatkan kuota air 900 liter/detik dari Waduk Manggar, saat ini ditambahkan 100 liter/detik.

“Sehingga nanti air yang bisa kami ambil jadi 1.000 liter/detik. Itu batasannya, karena kapasitas optimal dari konstruksi waduk hanya bisa diambil segitu,” terangnya

Dia menambahkan, saat ini pembangunan Waduk Teritip yang dikerjakan Dinas Pekerjaan umum juga akan segera rampung Agustus 2017. Karenanya tahun depan pasokan air bersih akan lebih besar dan penambahan pelanggan juga dapat dipenuhi.

“Apabila tak ada kendala Agustus tahun depan PDAM Tirta Manggar akan mendapatkan tambahan kuota air sebanyak 200 liter/detik dari Waduk Teritip,” tandasnya.

Rahma Daty

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY