Basarnas : Setiap Hari Minimal Terjadi 9 Kecelakaan

0
Pasukan SAR dengan latar belakang KN Wisageni saat akan diresmikan.(foto: andi)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henry Bambang Soelistyo mengatakan, setiap hari selalu terjadi kecelakaan orang hilang atau bencana di laut, sungat maupun di hutan.

“Selama saya mengambil pucuk pimpinan di Basarnas itu kecelakaan-kecelakaan hamper setiap hari ada, di laut di hutan, di sungai kemudian yang ada di pedesaan-pedesaan. Setiap hari koment center saya mencatat minmal ada 9 kejadian, termasuk hari ini 11 operasi pencarian yang dilakukan setiap hari,” ujarnya

“Itu ada opersi-opresi kelas kecil dan sedang, yang besar pun sudah bertubi-tubi kita diberikan ujian bukan hanya basarnas tapi sar gabungan, diberikan ujian begitu hebatnya. Tetrkahir di kolaka. Di Kolaka itu saya disana hamper satu minggu untuk menemukan saudara-saudara kita dari 118 ketemu 106,”

Menurutnya, selama ini potensi terjadinya kecelakaan ataupun becana ditengah masyarakat masih sangat tinggi.

“Saya tidak menyalahkan satu dengan lain, tetapi yang penting safety jelas, budaya keselamatan kita masih harus perlu kita tingkatkan,” terangnya

“Karna yang saya lihat dari kejadian-kejadian itu, sebagian besar adalah keteledoran, kecerobohan bagaimana kita melakukan, merencanakan, mengendalikan satu kegiatan, contoh di Kolaka sama mirip-mirip begitu juga,”

“Oleh karena itu PR kita bersama, sebenarnya di 2016 itu kalau bisa selain kita siaga, operasi sar itu, operasi gabungan, juga kita mencoba mensosialisasikan bagaimana keselamatan i8ru harus kita jaga, kita pelihara, kita siapakan kepada rakyat,”

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY