AJI Balikpapan dan LBH SIKAP Tandatangani Kerjasama Advokasi Pers

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan bersama Lembaga Bantuan hHukum dan Studi Kebijakan Publik (LBH SIKAP) Balikpapan melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama bantuan hukum bagi pekerja media dalam menjalankan tugas kewartawanan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh ketua AJI Balikpapan Novi Abdi dengan Ketua LBH SIKAP Balikpapan Ebin Marwi pada Sabtu sang di Balikpapan(6/2/2016).

Ketua AJI Balikpapan didampingi Sekretaris AJI kota Balikpapan Amir Syarifuddin dan ketua bidang kode etik Tri Widodo.

Ketua Aji Balikpapan Novi Abdi mengatakan dilaksanakannya kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran diri para jurnalis pentingnya advokasi sekaligus memberikan bantuan hukum bagi pekerja media.

“Advokasi pekerja pres sangat penting dalam rangka pula memberikan pemahaman serta perlindungan hak-hak wartawan. Meskipun kita diatur dalam undang-undang pers, advokasi menjadi bagian penting yang akan melindungi pekerja pers sehari-hari terutama saat menjalankan tugas jurnalis,” terang Novi.

Kerjasama ini meliputi tidak hanya dalam kasus pembelaan hukum tapi juga dalam bentuk diskusi-diskusi mengenai Pers dan advokasi khususnya di Balikpapan.

Ketua LBH SIKAP Balikpapan Ebin Marwi mengatakan dengan kerjasama ini otomatis wartawan-wartawan yang tergabung dalam organisasi aliansi jurnalis independen akan mendapatkan advokasi terutama sekali dalam menjalankan tugasnya
terdapat perlakuan diskriminasi kepada pers, ancaman ataupun sampai pada kasus kekerasan pers.

“Tapi wartawan sebagai subjek hukum nantinya harus membuat surat kuasa kepada kita untukpembelaan hukum yang diserahkan kepada LBH Sikap,” tandasnya.

Dia berharap melalui kerjasama ini akan terjadi pemahaman yang sama bahwa pekerja pres juga wajib dilindungi atau wajib mendapatkan advokasi dalam rangka tugas-tugas jurnalistiknya. “Kesadaran pentingnya advokasi ini memang harus dipahami benar bahwa suatu saat kita termasuk pers akan menghadapi kasus hukum. Ini yang ingin kita bangun dengan kawan-kawan Aji Balikpapan,” tukasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY