Setelah Doa Bersama Minta Hujan, MUI dan Pemkot Akan Gelar Sedekah Serentak

0
MUI, PDAM dan Pemkot saat gelar doa bersama di waduk Manggar, Kamis (17/2/2016)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setelah melakukan istigfar dan doa bersama di Waduk Manggar pada Rabu siang (17/2/2016), MUI Balikpapan bersama Pemerintah kota, mengajak umat muslim untuk melakukan penggalangan sedekah atau infaq serentak, guna diberikan rahmat hujan bagi kota Balikpapan.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Balikpapan Bidang Fatwa Anas Muchtar usai memimpin doa bersama di waduk Manggar, Rabu siang (17/2/2016).

Anas menjelaskan doa bersama ini lanjutnya merupakan bagian dari upaya MUI dan pemerintah agar didatangkan hujan yang membawa berkah manfaat bagi masyarakat kota Balikpapan. “Kita minta diturunkan hujan yang membawa berkah bukan membawa bahaya atau mudhorot seperti datangkan banjir, longsor,” tandasnya.

Sebagai lanjut dari kegiatan ini, Kamis depan (25/2/2016) akan dilakukan penggalangan sedekah secara serentak khususnya umat muslim. “Gerakan sodakoh berupa uang sebagai penebusan dosa kita. Kita sudah terlalu banyak dosa, di Balikpapan ini sudah banyak dosa. Untuk menembus itu kita bersodakoh pada Kamis mendatang. Gerakan satu hari itu,” ungkapnya.

Gerakan serentak ini dikordinasikan dengan pemerintha kota, misalnya untuk sekolah akan dikordinir dan dikumpulkan di sekolah. “Kalau dimsyarakat luar bisa serahkan ke masjid mungkin ada masjid yang ditunjuk oleh pemerintah kota. Kita sholat Duhur kemudian sama-sama keluarkan sodakoh. Sekarang ini masih dikordinasikan,” tandasnya.

“Jadi tolong sampaikan ke masyarakat jangan sampai tidak sedekah pada Kamis itu (pekan depan) ya seikhlasnya saja utamanya bagi kaum muslimin termasuk juga di pasar-pasar. Supaya Allah cepat berikan hujan yang bawa barokah,” sambungnya.

Pada kesempatan sama, Asisten I Sekdakot Syaiful Bahri mendukung upaya MUI untuk gerakan sedekah ini. Di pihak pemerintah kota melalui Sekda sudah melakukan pengumuman gerakan ini. Bahkan jajaran PNS sudah pengumpulan sedekah setelah Senin apel kemarin,

“Kalau kita sudah tadi pegawai juga lakukan itu pas apel. Jadi pak sekda juga juga sudah sarankan himbau kepada seluruh jajarannya untuk sedekah. Tapi saya belum tahu berapa jumlahnya,” katanya.

“Yang jelas itu sudah kita laksanakan nanti Kamis secara kesuluruhan masyarakat tapi kami di lingkup pemerintah kota sudah lakukan gerakan sedekah,” sambungnya.

Kordinasi sedekah serentak ini akan dilakukan oleh masing-masing SKPD dan pembagian hasil sedekah ini akan dikordinasikan oleh Bagian Kesra yang memiliki data lengkap penerima infaq sedekah. “Namanya sedekah ya diharapkan seterusnya sampai kita mati sampai kita sudah tidak mampu. Nah kalau inikan tujuan untuk minta hujan ya mungkin ini teguran bagi kita,” tukasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY