GMT, 20 Wisman China Kunjungi Balikpapan

0
Indahnya pemandangan di Pantai Banua Patra Balikpapan.(dok: gk)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kejadian langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang menarik minat wisatawan asing untuk menyaksikan langsung fenomena alam ini. Kota Balikpapan menjadi salah satu kota yang dilintasi GMT ini.

Kadis Pora Budpar Oemy Facesli mengungkapkan sejumlah warga negara asing termasuk peneliti akan menyaksikan dan memanfaatkan momen langka tersebut. Informasi itu diperoleh langsung dari Kementerian Pariwisata.

” Ini barusan dapat informasi dari Kementrian akan membawa 20 wartawan asing dari China. Nanti dia datang kesini mulai tanggal 4 sampai tanggal 10 dan 11 Maret 2016. Alhamdulillah mereka juga akan tour wisata terutama ke Pulau Derawan. Ini merupakan kesempatan kita untuk mempromosikan destinasi wisata kita kepada mereka,” ungkapnya

Selain itu juga terdapat kunjungan 12 astronom asing dari berbagai negara yang akan datang langsung untuk melihat fenomena alam yang melintasi di daerah Balikpapan tersebut.

Oemy sangat berharap peristiwa ini mampu meningkatkan tingkat pengunjung dan memperkenalkan wisata Balikpapan kepada mereka.

“Ada 12 Astronom dari dunia khususnya dari Eropa, tapi saya belum tahu darimana saja. Nanti datanya segera dikirimkan,” tuturnya.

Fenomena GMT ini akan berlangsung pada pukul 07.25 wita. Di lapangan Merdeka gerhana kata Oemy berlangsung 1,15 menit sedangkan di pantai Manggar berlangsung 50 detik

“Di Manggar kami ada pesta laut, lomba perahu naga, perahu hias, olahraga tradisional menyumpit juga ada festival makanan nusantara dan minuman khas Balikpapan bekerjasama dengan Kementerian pariwisata, di lapangan Merdeka. Nantinya akan ada peresmian patung beruang madu,”paparnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY