Stadion “Chelsea “Balikpapan Mulai Digunakan Akhir Tahun 2016 Ini

0
Stadion Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tidak sampai 10 bulan, masyarakat Balikpapan akan memiliki stadion kebanggaan bagi Balikpapan , dan Kaltim juga termasuk Indonesia.

Direncanakan stadion ini akan rampung pembangunan pada September 2016 mendatang. Pemkot terus mengejar upaya penyelesaian pembangunan stadion Batakan, Balikpapan pada September 2016 mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Stadion Balikpapan Dinas PU Andi Muhammad Yusri Ramli mengakui kemegahan stadion ini tidak kalah dengan stadion Stamford Bridge milik Chelsea, Inggris. Dia tidak menolak jika design stadion Balikpapan  mirip stadion Stamford Bridge Chelsea. Namun untuk rumput yang ada akan sama dengan yang di stadion Senayan Jakarta

“Pemasangan rumput,rencana pada Juli akan dipasang. Proses ini memakan tiga bulan. Cuma kami belum tahu posisi rumput itu ada dimana. Tapi saya yakin itu sudah disiapkan oleh kontraktor. Design itu seperti disampaikan meniru stadion Chelsea,” katanya.

Diapun mengaku belum ada pembahasan nama stadion Balikpapan ini. “Belum itu. kita masih fokus penyelesaian fisiknya,” tandasnya.

Yusri menjelaskan progress pembangunan stadion sudah mencapai 80 persen. “Tahap III ini program yang paling besar untuk pengerjaan struktur atap, dan atap, elektrikal dan lampunya. Kita harapkan ini selesai sesuai target kontraknya ,” jelasnya.

Tahun ini atau tahap III pembangunan stadion, pemkot merogoh kocek dari Rp599 miliar.

“Realisasi anggaran yang sudah ada lebih dari separuh lebih. Saya kurang tahu persis angka pastinya tapi separuhnya sudah. Jadi sampai akhir tahun anggaran 2016 ini diharapkan selesai,” terangnya

PPK Stadion Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli
PPK Stadion Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli

Harapannya tahun 2017 dapat dilakukan ujicoba penggunaan stadion. Yusri mengungkapkan pada tahun 2016 ini pemkot mendapat bantuan provinsi di APBD murni Rp30 miliar. “Kalau Rp599 miliar dikurangi Rp30 miliar itulah murni dari APBD kota.provinsi Rp30miliar dan ada komitmen Rp75 miliar dari provinsi di APBD perubahan 2016 nanti,” ujarnya.

Dari tahap pertama hingga tahap III, sebut Yusri sudah lebih dari Rp1 triliun dana yang dikeluarkan ini. “ nanti setelah selesai tahap III. Ada lagi pembangunan untuk asrama atlet, masjid, lapangan latihan, pembangunan area parkir,”rincinya.

Diakui dalam pembangunan stadion masih ada kendala di pembebasan lahan seperti jalan masuk dua jalur . “Itu masuk dalam pengerjaan tahun ini cuma ada sedikit masalah lahan di depan itu sudah diproses, masyarakat sudah setuju Cuma namanya pembebasan harus kita harus teliti supaya tidak ada masalah kemudian hari. Surat-surat sudah kita minta lengkapi,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Awang Faroek menilai stadion Balikpapan kemegahan tidak kalah dengan stadion milik klub Chelsea. “Ini Kemegahan tidak kalah dengan stadion milik Chelsea,” tuturnya.

Awang pun meminta agar penonton dapat diberikan kenyamanan saat menonton sepakbola. Nyaman menonton katanya bukan hanya miliki mereka yang duduk di VIP atau VVIP namun juga bagi penonton lainya.

“Untuk memudahkan diberikan nomor dan juga warna kursi yang berbeda baik untuk penonton umum, VVIP maupun bagi suporter. sehingga mudah bagi kita mengidentifikasi penonton,” pinta Awang.

 

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY