Akhir Bulan Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Kembali Bergiliran

0
Intake lama Waduk Manggar yang sudah tidak digunakan karena alami kebocoran pada 2014 lalu. (foto: andi)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – PDAM Kota Balikpapan tak bisa menjamin distribusi air bersih ke rumah-rumah warga akan terus berjalan. Karena kemungkinan distribusi air bersih bergiliran bisa saja terulang kembali

Sebelumnya, sejak Sabtu (02/04) lalu, PDAM tak lagi memberlakukan distribusi air bersih bergiliran ke rumah warga, karena volume air di Waduk Manggar sudah kembali normal. Pasalnya, sejak akhir Maret  Kota Balikpapan digurur hujan lebat.

Namun kini dalam beberapa hari terakhir, Kota Balikpapan tak lagi diguyur hujan. Hal itu menyebabkan, air di Waduk Manggar kembali menyusut.  Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi tak bisa menjamin distribusi air akan tetap lancar.

Menurutnya  selama tiga hari tidak hujan, sehingga ketinggian air di Waduk  Manggar sangat berpengaruh.  Kamis (07/04) sore ketinggian air di Waduk Manggar kembali 5,36 meter.

“Turun per harinya sekitar 2 hingga 3 centimeter.  Kalau ngak turun hujan mungkin  akhir bulan  kita berlakukan lagi penggiliran,” ujar Haidir Effendi.

Sejauh ini belum diketahui perkiraan cuaca dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Namun dia berharap, kondisi cuaca yakni hujan deras kembali terjadi sehingga bisa menaikkan volume air di Waduk Manggar.

“Kalau nggak hujan-hujan ketahanan air kita sampai seminggu saja. Itu artinya kita berlakukan penggiliran lagi,” pungkasnya

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY