Balikpapan Tuan Rumah Kompetisi Modifikasi dan Car Tuning Black Auto Battle 2016.

0
Ilustrasi

BALIKPAPAN , Inibalikpapan.com – Kota Balikpapan akan menjadi salah satu tuan rumah ajang kompetisi modifikasi dan car tuning Black Auto Battle yang akan digelar pada 28 Mei 2016.

Rencananya ajang tersebut akan digelar di kompleks Balikpapan Super Blok (BSB) e- Walk. Selain Balikpapan, BlackAuto Battle 2016 juga digelar di empat besar lainnya.

Kota lain yang juga akan menjadi tuan rumah yaitu Makassar pada 30 April, Solo pada 3 September, Tangerang Selatan pada 15 Oktober dan Surabaya sebagai lokasi final battle pada 17-18 Desember 2016.

Juri  Black Auto Battle 2016 Boy Yuniantyo Prabowo   menjelaskan Balikpapan menjadi pilihan satu-satunya penyelenggaraan BlackAuto Battle 2016 di Kalimantan karena kesiapan daerah dan animo masyarakatnya yang sangat besar terhadap industri otomotif dan modifikasi mobil.

Menurutnya komunitas otomotif di Pulau Kalimantan dapat hadir ke kota Balikpapan untuk mengikuti secara langsung perkembangan industri car tuning terutama modifikasi dan car audio di Indonesia.

”Black Auto Battle 2016 digelar di Balikpapan sebagai ajang adu kreativitas dan inovasi terbaik hasil karya anak bangsa. Kompetisi modifikasi di Indonesia saat ini semakin bergairah dan banyak diminati, ini menjadi tantangan bagi kami untuk menghadirkan kompetisi yang jauh lebih tajam dengan metode penilaian yang lebih ketat dan terukur,” ujarnya.

Dibanding dengan kompetisi lainnya, Black Auto Battle 2016 secara konsep akan berbeda dengan lebih fokus pada aspek Dyno dan Audio.

Kata Boy, sejumlah aspek seperti kategorisasi, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian serta aturan main akan lebih mengedepankan aspek fairness dan metode ukur yang lebih baik.

Dalam penjurian, BlackAuto Battle 2016 akan melibatkan asosiasi Asia Pasific Car Tuning (APACT) untuk menilai kekuatan dan kelebihan dari tiap hasil karya modifikasi para builder

“Dengan melibatkan APACT, penjurian akan semakin kompetitif karena dilakukan secara adil dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan. Para juri yang akan memberikan penilaian adalah mereka yang telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional  dan  internasional,” ujarnya.

”Dengan faktor- faktor itu tadi, jelas bahwa setiap pemenang dari BlackAuto Battle 2016 ini akan sangat layak untuk menyandang modifikator terbaik menjadi trendsetter industri modifikasi  Indonesia,” sambungnya.

Sedikit berbeda dengan gelaran BlackAuto Battle pada tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test terbagi atas tiga kelas berbeda (tahun 2015 terbagi atas dua kelas) yaitu kelas Max 4 Cylinder N/A, Max 4 Cylinder FI dan FFA.

Tahun ini pembatasan kelas berdasarkan jumlah silinder dan pada sistem dengan induksi atau tanpa induksi tambahan. Mesin ukur daya mesin ini didatangkan khusus dari Mainline Dynolog Australia dan merupakan satu-satunya engine performance contest di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, mesin dyno ini juga bisa mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD) atau keduanya (AWD).

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY