Level Waduk Manggar Capai 5,4 Meter, Distribus Air PDAM Balikpapan Kembali Normal

0
Intake lama Waduk Manggar yang sudah tidak digunakan karena alami kebocoran pada 2014 lalu. (foto: andi)

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Distribusi air bersih PDAM Balikpapan ke pelanggan kembali normal. Hal itu setelah level air di Waduk Manggar yang merupakan sumber utama air baku, mengalami kenaikkan hingga mencapai 5,4 meter.

“Mekanismenya masih sama. Ketika level air naik (di atas 5,15 meter), kami akan operasi maksimal. Tapi kalau turun di bawah itu ya terpaksi digilir lagi,” kata Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi.

Menurutnya, hujan yang rutin terjadi dalam beberapa hari terakir mampu menaikkan level air Waduk Manggar. Kendati, terkadang turun hujan juga tidak merata, hal itu yang menyebabkan level air di Waduk Manggar tak bertambah.

“Kami terus melakukan pemantauan dan evaluasi. Mudah-mudahan dengan mulai banyak terjadi hujan, ujan deras di daerah waduk juga lebih sering,” tambahnya.

Namun, setelah dua Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Km 8 dan IPAM Kampung Damai beroperasi bersama, level air waduk kembali turun teratur.

Ia juga meminta maaf kepada masyarakat yang mungkin di rumahnya air masih belum juga mengalir meski dua IPAM sudah beroperasi. Sebab butuh waktu bagi air untuk sampai ke tempat jauh dari IPAM maupu tempat ketinggian.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY