Jika Terus Diguyur Hujan, PDAM Balikpapan Jamin Pasokan Air Bersih Selama Ramadhan Aman

0
Intake lama Waduk Manggar yang sudah tidak digunakan karena alami kebocoran pada 2014 lalu. (foto: andi)

BALIKPAPAN – Direktur PDAM Kota Balikpapan Haidir Effendi menjamin pasokan air bersih selama bulan puasa bakal aman jika, intensitas curah hujan di Balikpapan tinggi.

Pasalnya, ketersediaan air baku di Waduk Manggar dipastikan akan aman. Karena memang selama ini PDAM Balikpapan hanya mengandalkan Waduk Manggar dan sumur dalam.

“Perhitungan kita kalau masih pakai pola ini kita aman di puasa ini,” kata  Dirut PDAM Haidir Effendi.

Hingga akhir pekan kemarin, level air di Waduk Manggar naik mencapai 5,32 meter dan sempat turun sekitar 5,31 meter. Jika turun terus, kemungkinan bisa kembali digilir lagi.

“Mudah-mudahan bisa ada tambahan lagi. Kita ini kayak dimain-mainkan aja, supaya stres saja. Tapi biasanya kalau sudah 5,15 nanti digilir lagi. Mulai hari Minggu kemarin sudah beroperasi dua-duanya,” terangnya.

Dia mngungkapkan, ketersedian air di Waduk Manggar cukup sampai 30 hari kedepan. Namun jika mempertahankan dua IPAM operasional bersamaan maka ketersedian air cukup hingga 20 hari kedepan.

“Prediksinya kita masih bisa bertahan selama 30 hari. Kalau dengan dibuka dua-duanya seperti ini, 20 hari masih bisa. Kalau trennya seperti sekarang, walaupun seminggu sekali nambahnya InsyaAllah aman bulan puasa ini. Kita optimis,” ujarnya.

Meski lanjutnya, PDAM Balikpapan tetap akan mengoptimalkan sumber-sumber air yang ada termasuk melakukan pemeliharaan alat dan fasilitas sehingga diharapkan tidak ada kendala teknis.

“Kita antisipasinya ya kita bisa intervensinya di peralatan saja ya. Kalau sudah urusan airnya, itu sudah diluar kewenangan kita. Jadi kita antisipasinya mengoptimalkan saja sumber-sumber yang ada,” tandasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY