Dinas Pasar Balikpapan Hanya Rekomendasikan 11 Titik Pasar Ramadhan

0
Pasar Ramadhan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dari rencana 30 titik Pasar Ramadhan tahun ini, hasil rapat DInas Pasar Kota Balikpapan bersama tim tekhnis akhirnya hanya disepakati 11 titik lokasi.

Kepala Dinas Pasar Kota Balikpapan Heri Misnoto mengungkapkan, hasil rekomendasi perubahan ini didasari pada pertimbangan aspek kelayakan maujpun keamanan dan ketertiban.

“Yang mengajukan itu memang ada 30, tetapi setelah kita kaji dilapangan itu yang layak bisa direkomendasikan itu ada 11 titik. Seperti di Taman Lalu Lintas Sepinggan, Pasar Segar, Terminal RSS. Untuk Balikpapan Utara itu di Gunung Polisi, Kilometer  3. Balikpapan Barat, Lingkungan Masjid Manuntung, Plaza Bunsay dan Parkir Sebelah Timur,”  jelas Heri Misnoto

Menurutnya, 11 titik lokasi tersebut telah memenuhi syarat diantaranya keamanan, ketertiban dan kenyamanan pedagang serta pengunjung. Meski hingga kini masih banyak yang mengajukan soal lokasi.

“Kenapa hanya 11. Karena 11 ini yang visible. Artinya tidak mengganggu ketertiban umum. Kalau selebihnya sedang kita kordinasikan. Di At Taqwa tadi ngusulkan, Cuma  pengurus mesjid kan tidak mengijinkan untuk di dalam, jadi ngusulkan diluar. Tapi diluar itu mengganggu putaran jalan didepan. Jadi dari Lantas tidak setuju, Dishub tidak setuju, Lurah sini juga tidak setuju. Tapi kita gabung ke Ruko Bandar,”  terangnya.

Dia menambahkan, untuk menjaga ketertiban dan kemanan, masyarakat diminta tidak semaunya membuka pasar ramadan tanpa kordinasi dengan Pemerintah Kota Balikpapan.

Dia menegaskan, akan menindak tegas kepada sekelompok pedagang yang membuka pasar ramadan sendiri dilokasi yang tidak masuk dalam pengkajian.Dia memastikan akan membubarkan pasar Ramadan liar, meibatkan Satpol PP.

“Kalau itu tidak dijinkan ya nanti siap-siap aja dibubarkan sama Satpol PP. Artinya yang 11 ini sudah kita kaji dari segi keamanannya, lalu lintasnya. Kalau tiba-tiba dia ditabrak orang gimana? atau dia berjualan menghambat lalu lintas kan jadi bahaya,” tandasnya.

Dinas Pasr telah mengajukan 11 titik lokasi tersebut ke Wali Kota Balikpapan agar segera dibuatkan SK. Pasar Ramadhan tersebut akan digelar selama bulan Ramadhan.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY