Lebaran, Petugas Medis Tidak Libur

0
Rumah Sakit Pertamina Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Balerina mengatakan, selama lebaran 12 Puskesmas tetap akan melayani masyarakat. Tujuh Puskesmas melayani rawat inap dan lima Puskesmas melayani rawat jalan.

Tujuh Puskesmas yang melayani rawat inap yakni Puskesmas Manggar, Sepinggan, Klandasan Ilir, Mekarsar, Kariangau, Karangjoang dan buka 24 jam selama lebaran.

Dokter maupun dokter gigi, bidan, perawat, apoteker, sopir ambulance dan tata usaha tetap bertugas tak ada libur lebaran.

Menurut Balerina, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ,  kasus yang sering ditangani yakni kecelakaan lalu lintas, termasuk muntah-muntah karena makan berlebihan.

Selama liburan lebaran ini, petugas kesehatan termasuk dokter dibagi tugas termasuk petugas administrasinya.

“Nggak boleh ada cuti lebaran. Jadi personil yang bertugas di Puskesmas pada hari libur lebaran itu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tata usaha, asisten apoteker dan supir  ambulance,”terangnya.

“Tujuh orang yang bertugas ditiap puskesmas. Kalau yang 24 jam yang ada jam tugasnya/shift,” sambungnya.

Bagi puskesmas rawat jalan dibagi dalam dua shift sedangkan bagi puskesmas rawat inap dibagi dalam tiga shift. Untuk pelayanan kesehatan di puskesmas yakni pelayanan tingkat I.

“Bukan bedah seperti biasa pelayanan tingkat I,”  ucapnya.

Dias menambahkan, Dinas kesehatan Kota Balikpapan juga membuka Posko Simpatik untuk melayani masyarakat yang berada di Manggar, Karangjoang, Pelabuhan Feri Karingau.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY