Tahun Ini Pemkot Balikpapan Tetapkan Status Waspada DBD

0
Deman berdarah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menetapkan status waspada demam berdarah dengue (DB), karena kasusnya terus meningkat hingga Juli 2016. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Belerina.

“Tahun ini kita tetapkan status waspada, karena jumlah terus meningkat setia bulan. Sekarang sudah lebih dari 2.240 kasus lebih, 17 orang meninggal, ini status waspada,” ujar Balerina.

Meski belum stuas kejadian luar biasa (KLB), namun Balerina mengingatkan, masyarakat karena lima tahun lalu, Balikpapan statusnya sempat KLB.

“Itu yang kita waspadai, karen kita pernah KLB, apalagi sekarang cuacanya kadang panas, kadang hujan. Ini cukup bahaya dengan cuaca sekarang,” bebernya.

Dia meminta masyarakat tetap menjadi kebersihan, khususnya lingkungan sekitar jangan membiarkan air tergenang karena akan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypty.

“Bersihkan berbagai tempat yang memungkinkan tergenang air (pot-pot, ember, dll), ganti air di dalam bak mandi secara rutin. Jika air di dalam wadah memang harus tergenang dalam waktu lama, siapkan penutup yang rapat di bagian atasnya,” imbunya.

Dia menambahkan, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi juru pemantau jentik (jumantik) dan pemantauan jentik secara berkala di lingkungan RT masing-masing.

Mereka juga sekaligus membantu memberikan pembinaan langsung ke warga. Untuk aktif giatkan gerakan 3M plus (menguras, menutup, mengubur dan menaburkan abate),” pungkasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY