Balikpapan Daerah Paling Rajin Menanam Pohon

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal effendi mengungkapkan, Balikpapan termasuk daerah yang rajin menanam pohon. Selain ada bulan menanam pohon juga ada hari menanam pohon Indonesia.

Hal itu bukan isapan jempol, karena Balikpapan beberapa kali meraih penghargaan. Bahkan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Joko Widodo. Baik penghargaan yang diterima di Jakarta, Bali dan Madiun.

“Kita salah satu daerah yang intensif melakukan penanaman pohon dan ini diakui oleh presiden sejak era pak SBY. dan piagam yang satu ini kita terima saat acara penanaman pohon di desa di Tuban yang dihadiri oleh bapak Presiden Jokowi. Ini piagam ketiga kalinya yang diperoleh Balikpapan dari bapak Presiden ,” ujar Rizal.

Bahkan untuk mempertahankan predikat sebagai daerah yang rajin menanam pohon, Pemerintah Kota Balikpapan, bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama , sudah sejak lama mewajibkan bagi setiap pasangan yang akan menikah menanam pohon atau menyediakan bibit pohon.

Begitu pula kalau anak lulus sekolah, ulang tahun atau pun ulang tahun pernikahan kadonya bisa berupa menanam pohon. “Kita juga sediakan taman kebahagiaan bagi pasangan menikah bisa menanam pohon di taman kebahagiaan,” ujarnya.

Jumat (09/12) kemarin, Pemerintah Kota Balikpapan juga menanam Sebanyak 250 pohon di kompleks Balikpapan Islamic Centrr (BIC) . Dalam menanam ini melibatkan komunitas dan pecinta lingkungan.

Penghijauan di kawasan BIC ini bagian dari bulan menanam pohon yang dilakukan setiap bulan Desember. Penanaman pohon di BIC merupakan kegiatan awal bulan menanam pohon yang nantinya dapat dilakukan didaerah lainnya tentu bukan hanya melibatkan instansi pemerintah kota, perusahaan maupun instansi lainnya.

“Sekarang ini himbauan bapak Presiden Jokowi bukan hanya tanam pohon jenis kayu tapi bisa buah-buaha. Disamping untuk paru-paru dunia, penghijauan dapat menahan longsor dan banjir juga ada nilai ekonomisnya bagi masyarakat” ujarnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY