HUT Pertamina, Salurkan Bantuan Rp 1,7 Miliar, Bersih Pantai dan Tanam Mangrove Kampung Atas Air

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  PT Pertamina(Persero)  hari ini melaksanakan program Pemberdayaan Pesisir dan Pembenihan pantai Kampung Nelayan di lima lokasi secara serentak yang merupakan bagian dari peringatan HUT Pertamina ke-59  pada tanggal 10 Desember 2016.

Di Balikpapan,  sebanyak 400 orang peserta yang terdiri dari pekerja Pertamina,  SKPD,  warga nelayan,  petani,  dan relawan mengikuti kegiatan ini di Kampung Atas Air,  Kelurahan Margasan dan Kampung Baru Tengah,  Balikpapan. 

Lima lokasi pelaksanaan program secara serentak,  yaitu Pantai Kampung Bugis,  Tanjung Uban,  Kepulauan Riau,  Pantai Mutiara Hijau,  Karangsong,  Balongan,  Jawa Barat,  Pantai Teluk Penyu,  Cilacap,  Jawa Tengah,  dan Pantai Grand Watu Dodol,  Banyuwangi,  Jawa Timur. 

Direktur Pengolahan Pertamina Toharso mengatakan salah satu alasan kegiatan bersih- bersih pantai dan penanaman mangrove karena dunia mencatat pantai Indonesia masuk dalam 10 besar terjorok di dunia.

” Karena itu kegiatan ini dilakukan  untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli akan kelestarian lingkungan pesisir pantai,  khususnya dengan menjaga kebersihannya.  Selain itu melalui beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan,  termasuk di Balikpapan,  dapat menjadi bukti komitmen Pertamina pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di sekitar bukti komitme pesisir melalui program Corporate sosial Responsibility(csR)  maupun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan(PKBL)  dengan momentum HUT perusahaan,” terangnya dalam sambutannya (10/12).

Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi dengan sebagian wilayah operasinya bersentuhan dengan pantai, menurutnya Pertamina merasa ikut jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah operasi.

” Untuk itu tidak hanya bersih-bersih pantai tetapi beberapa program kegiatan CSR dan PKBL di Balkpapan. Seperti bantuan 7000 lebih bibit mangrove,” tandasnya.

Pertamina dalam kegiatan ini juga memberikan bantuan sampan,  perangkat pengelolaan sampah (gerobak,  pengeruk,  alat pencacah mesin kompos,  tempat sampah organik organik),   Bantuan Bank Sampah untuk Kelurahan Margasari, Bantuan alat sealer vakum kemasan dan infrastruktur penjemuran ikan kepada kelurahan Kampung Baru Tengah dan alat diri(APD),  mesin olahan rumput laut Kelompok Binaan olahan Rumput Laut Sumber Laut Berjaya Manggar dan bantuan 7400 bibit mangrove, Bantuan mangrove Village tahun 2017, bantuan Diversifikasi Produk olahan Ikan.

Pertamina juga memberi bantuan renovasi Taman Baca untuk 3 taman bacaan senilai Rp 375.000.000,-  layanan kesehatan dan pengobatan gratis untuk 500 warga senilai Rp 300.000.000,  dan santunan untuk 59 anak yatim. 

Total biaya bantuan CSR yang dihadirkan adalah senilai Rp 1,723  miliar.
 
Pada kegiatan ini hadir Rusdi Direktur Kompas , Panglima Kodam VI Mulwarman, Walikota Rizal Effendi,  GM MOR M. Irfan , GM UP V Yulian Dikri,
Direktur Pengendalian Lingkungan Heru Waluyo Kementerian Lingkungan Hidup.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY