Terjadi Pungli di Balikpapan, Segera Laporkan ke Satgas Saber Pungli

0
Sargas Saber Pungli Balikpapan saat dikukuhkan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Saber (Sapu Bersih) Pungli Balikpapan akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap praktek-praktek pungli yang terjadi khususnya di pelayanan public.

Hal itu disampaikan Ketua Satgas Pungli Waka Polres Balikpapan Yolanda F Sebayang. Dia mengatakan, keberadaan Satgas Saber Pungli bertujuan menghapus pungli khususnya yang berkaitan dengan pelayanan public.

“Tujuan besar utamanya Presiden membuat Tim Saber Pungli itu harus kita ketahui, apa tujuan utamanya. Tujuan utamanya adalah menghilangkan pungli, terhadap pelayanan public,” ujarnya.

“Kalau memang kita ketahui ada yang melakukan, kita akan melakukan tangkap tangan. Karena kita sudah efektif (bertugas). Saya sudah arahkan (tim), tapi sekarang kita buat SOP dulu”

Menurutnya, pihaknya sudah menerima beberapa pengaduan dari masyarakat terkait pungli di pelayanan public dan siap melakukan tindakkan.

“Sudah ada yang beberapa masyarakat yang laporkan ada 2-3 kasus lah, dan masyarakat lapor ke kita tidak (tapi) jelas dimana dipungutnya,” ujarnya.

Yolanda meminta peran serta masyarakat untuk aktif melaporkan jika memang terjadi pungli, misalnya dengan merekam atau foto aktifitas pelaku, laporkan ke Sekretariat Saber Pungli Balikpapan.

“Ke Kantor Isnpektorat. Bisa langsung juga langsung ke Ketua Saber Pungli. Kontaknya sudah ada di Inpenstorat, nomornya inspektorat. Masyarakat berhak mengawasi semua yang bekerja di pelayanan publikl sistemnya ya melapor,” ujarnya.

Dia menambahkan, terpenting dari tugas Satgas Saber Pungli yakni melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi pungli.

“Tindakkan utama kita adalah melakukan pencegahan, sosialisasi kepada semua pihak khususnya yang melakukan pelayanan public., itu yang harus pertama dilakukan

Kalau Ada informasi, mereka masih melakukan, ada yang menerima dan masyarakat resah, ada orangnya, sangat senang kita bisa menangkap langsung,” pungkasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY