Usai Tahun Baru, Harga di Pasar Tradisonal Balikpapan Masih Tinggi

0
Pasar Ramadhan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Meski Natal dan Tahun Baru telah usai, namun hanrga sejumlah harga daging ayam, daging sapi, telur maupun kebutuhan pokok di pasar tradisonal Kota Balikpapan masih tinggi.

Dari pantauan Inibalikpapan.com, di Pasar Klandasan harga masih tinggi, hal itu membuat keuntungan pedagang mengalami penurunan. Ayam potong pada jelang tahun baru harganya mencapai Rp60-65 ribu perekor, hingga kini harganya masih sama.

Begitu pula daging sapi, dijual oleh pedagang Rp120 ribu/kg. Sedangkan telur ayam dijual perpiring Rp50-54 ribu. Bayu penjual ayam potong mengaku harga jual yang masih tinggi disebabkan berkurangnya stok ayam di pasaran.

“Harga ayam tetap Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu per ekor karena stock berkurang biasanya saya jual 120 ekor sekarang hanya dapat jatah 100 ekor,” ujar Bayu.

Akibatnya menurut Bayu omzetnya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. “Ini memang pembeli sepi nggak seperti tahun lalu. Saya ambil di km 8-45 km. Tahun lalu sampai 150 ekor dan harga paling tinggi Rp 50 ribu. Saya ingin yang murah karena pembeli jadi ramai,” harapnya.

Pedagang telur di pasar Klandasan pun mengaku hal yang sama. Bedanya stok telur masih cukup namun harga mengalami kenaikan yang lumayan.

“Harga telur naik 1 piring Rp54 ribu. sebelum hanya Rp50 ribu. Ini naik dari sebulan yang lalu.kalau stok ada aja sih,” ucap Rozikin.

Dia memperkirakan harga telur akan turun lagi pada minggu depan. “Paling tidak naiknya 2 ribu saja,” katanya.

Begitupula daging sapi di Pasar Klandasan ini juga masih tetap tinggi yakni dijual Rp 130 ribu per kilo. “Stok masih kurang dan terlambat pengiriman dari Sulawesi,” ucap Nasra.

Berbeda dengan ayam, untuk daging pembelian masih terbilang normal. “ Tingkat pembeli normal saja sehari bisa sampai 70 kg kalau agak rame. Kalo kemarin laku 60 kg,” sebutnya.

Sedangkan harga bawang merah mengalami penurunan harga jual. Sebelum tahun baru harganya mencapai Rp 50 ribu/kg. Dan sekarang dijual Rp 45 ribu. Begitu pula harga cabe merah.

“Sebelum tahun baru Rp 100 ribu sekarang sudah Rp 80 ribu per kilo. Memang seperti dulu sempat naik Rp 100 ribu karena barang minim,” sebut Farida penjual Cabe.

Dan untuk minyak goreng masih normal yakni merk Film ukuran 5 kg dijual Rp70 ribu. Sementara minyak goreng ukuran dua kg harga sedikit naik yakni dijual Rp 27 ribu perdua liter.

“Kalau diagen lebih mahal kita ambil Rp 24 ribu lalu dijual Rp 27 ribu. Itu merk Kunci Mas dan Filma,” ucap Dina penjual di pasar Klandasan.
Pantauan di Pasar Klandasan, untuk harga beras asal Surabaya merk Mangga dijual perkarungRp 285 ribu.
“Kalau tahun lalu sempat naik Rp300 ribu.Tapi tahun ini belum ada kenaikan karena stok cukup aja,” tukas Dina.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY