Pemkot Balikpapan Targetkan Retribusi Pantai Manggar Capai Rp 3 Miliar

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan tahun ini obyek Wisata Pantai Manggar bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 3 miliar. Jumlah itu naik hampir 100 persen, dari sebelumnya Rp 1,6 miliar.

Meski cukup tinggi target tersebut, namun Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan cukup optimis bisa merealisasikan. Karena ada beberapa upaya yang dilakukan diantaranya menaikkan tiket masuk dan dan peningkatang sarana-prasarana.

“Kami yakin dan optimis dapat mengejar target tersebut selama tahun 2017 ini ” kata Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan Oemy Facesly.

Hal itu pun sudah bisa terlihat, karena data Disporabudpar Kota Balikpapan terjadi kenaikkan signifikan jumlah pengunjung di pantai Manggar pada saat liburan Natal dan Tahun Baru 2016 mencapai 90 persen.

Sebelumnya jumlah kunjungan saat yang sama tahun sebelumnya hanya sekitar 18 ribu. Namun tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 34 ribu.

“Dari catatan kami selama libur natal 2016 hingga tahun baru 2017, pengunjung yang datang ke pantai Manggar mencapai 34 ribu pengunjung. Itu naik apabila dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama mencapai 18 ribu pengunjung,” ujarnya.

Kenaikan signifikan jumlah pengunjung pada pantai Manggar ini karena waktu libur yang cukup lama dan pantai menjadi tempat yang menarik dikunjungi untuk berwisata. Pantai yang dikelola oleh Pemerintah kota ini setiap tahun sarana dan prasaranan selalu ditambah. Hal itu tentunya untuk menarik wisatawan datang ke destinasi andalan kota minyak.

Seiring meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke pantai Manggar berdampak pada kenaikan PAD pantai Manggar karena per 1Januari mulai diberlakukan kenaikan retribusi pintu masuk pantai Segara Sari

“Sepanjang libur natal dan tahun baru 2017 saja, perolehan retribusi pantai Manggar mencapai Rp131 juta. Sedangkan tahun lalu hanya mencapai Rp70 juta,” bebernya.

Tarif masuk untuk anak-anak yang tadinya Rp2000 menjadi Rp5000. Sementara dewasa Rp5000 menjadi Rp10.000

“Harapannya pantai Manggar tetap menjadi destinasi yang dipilih pengunjung untuk berwisata. Kami akan terus perbaiki fasilitas dan menambah sarana yang ada agar pengunjung tertarik datang ke pantai,” ujarnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY