Sopir Taksi Balikpapan Tuntut Pemkot Tutup Operasional Taxi Online

0
Ratusan sopir taksi dan Pengusaha Angkot di Balikpapan menggelar aksi demo

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pengusaha angkutan kota (angkot) maupun sopir taksi di Balikpapan kembalki menuntut agar Pemerintah setempat menutup operasional taxi online. Pasalnya, sejak taxi online beroperasi, pendaapatan mereka menurun dratis.

“Kami ingin menagih janji dewan waktu pertemuan 9 Desember lalu. Kami dan dewan sepakat bahwa dewan akan menghentikan dan membubarkan taxi online,” kata Kordinator Forum Pengusaha Angkutan Kota Balikpapan (Forkopab) Burhanuddin Noor.

“Tapi kita tunggu-tunggu sampai sekarang nggak ada dilakukan. Ini jangan sampai nanti kita gelar aksi hentikan taxi online dijalan secara paksa. Kalau sudah seperti ini tentu tidak benar tapi kami sudah ingatkan ini,”

Mereka bahkan mengancam akan melakukan aksi demo dalam jumlah yang besar, jika tuntutan tak dipenuhi Pemerintah Kota. Termasuk akan melakukan mogok masal dengan mengajak rekan-rekan mereka. Sehingga tak ada yang beroperasi.

Di Balikpapan terdapat 1000 lebih taxi argo dan 1500 angkutan kota. Dari jumlah taxi itu, dinaungi 13 perusahaan taxi diantaranya aero cab, kalung mas, mawar, global, kharisma, taxi oen, Tama trans.

“Ada 13 usaha taxi disini kalau aero cab tidak ikut dia taxi bandara,” ujarnya.
Aras (39) seorang sopir taxi Kharisma mengaku sejak beroperasinya taxi online hanya Rp50 ribu uang yang bisa dibawa pulang. Karena setiap harinya harus menyetor Rp180 per harinya.

“Dulu bisa 150-200 ribu sekarang turun sekali. Bahkan kita harus berhutang untuk tutupi setoran. “Kadang nyampe kadang nggak nyampe setoran. Kalau dapat 50 ribu sisa itu ya itu sudah tinggi,” ujarnya.

Direktur Oprasional Globalindo Sutikno mengatakan pihak juga berbenah menghadapi serbuan transportasi online yang marak terjadi dikota-kota termasuk Balikpapan.

“Kami berharap masyarakat menggunakan taxi resmi dulu. Toh kalau taxi resmi sudah mampu juga akan menggunakan sistem online juga. Kami juga akan merapatkan barisan bagaimana personil juga sadar teknologi dan mengikutinya. Sehingga masyarakat jgua dipermudah. Kami semua juga ikut berbenah,” ujarnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY