Badan Anggaran Pangkas Anggaran HUT Kota Balikpapan

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Anggaran DPRD dan Pemerintah Kota Balikpapan memastikan telah memangkas anggaran utuk HUT Kota Balikpapan tahun ini yang ke 120. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Balikpapan yang juga anggota Badan Anggaran Syukri Wahid.

Dia mengatakan, kompenen yang tidak terlalu penting dihapuskan atau dikurangi. Seperti ucapan HUT dan pemberian bingkisan HUT Kota. Sehingga kini perayaan HUT Kota lebih sederhana, ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

“Memang kemarin itu komponen HUT Kota kita menyerap banyak dana tapi yang kemarin dipangkas oleh tim anggaran pemerintah dan banggar diantaranya mengeluarkan item-item proyek yang tidak terlalu penting contoh kayak ucapan selamat hut, bahkan setiap peserta itu diberikan bingkisan yang banyak gitu. Itu dihilangkan,” ujar Sukri.

“Kalau memang menggunakan APBD saya pikir karena itu uang rakyat dan pesta itu Kembalikan ke rakyat monggo silahkan saja Tapi karena kita sekarang lagi defisit mungkin komponen itu bisa dikeluarkan yang tidak terlalu penting toh,”
Dewan justru berpendapat, meskinya Pemerintah Kota Balikpapan memberdayakan pihak swasta melalui dana CSR untuk perayaan HUT Kota sehingga tidak terus-terusan menjadi beban APBD.

“Juga yang namanya rangkaian rangkaian acara HUT Kota setiap tahun selalu melibatkan dana masyarakat partisipasi swasta di antaranya membentuk SC dari pihak swasta itu. Jadi tentang besaranya menjadi titik diskusi kita,” ujarnya
“Kalau kami di banggar tentu kemarin sudah memangkas beberapa item contoh ada packeging yang didalamnya ada sarung ada kain itu dihilangkan, tidak terlalu kan datang duduk, dengar namanya HUT dengan hikmat ngak ada masalah,”

Syukri tidak tahu persis besaran dana APBD yang dialokasikan untuk HUT kota. Pembahasan itu muncul di Kabag pemerintahan,dibagian kesbangpol kemudian ada di bagian umun kemudian itu di satukan semua. saya kurang tau besaran anggarannya,” ucapnya.
Namun sayangnya Sukri mengaku, tidak tahu berapa alokasi anggaran untuk HUT Kota tahun ini. Namun berkaca tahun lalu anggaran HUT Kota mencapai Rp 2 miliar.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY