Warga Balikpapan Kini Bisa Deteksi Penyakit Kronis

0
aplikasi fitur mobile skrining diperkenalkan Kepala BPJS Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Inovasi baru dibidang kesehatan dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan meluncurkan aplikasi fitur mobile skrining untuk deteksi penyakit kronis.

“Aplikasi ini merupakan salah satu promotif preventif sebagai upaya deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular tapi kronis, seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner,” ujar
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan Muhammad Fakriza.

Dia mengatakan dibetes melitus, Hipertensi, ginjal kronik, dan jantung koroner beberapa penyakit kronis yang gejalanya sering diabaikan masyarakat Indonesia. Pada fase awal, umumnya orang tidak merasa terganggu oleh gejala yang ditimbulkan.

“Kebanyakan masyarakat baru sadar mereka mengidap penyakit tersebut ketka sudah mencapai fase lanjut. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola resiko penyakit-penyait kronis tersebut sejak dini, BPJS Kesehatan meluncurkan layanan mobile Skrining, ujarnya.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut peserta dapat mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol “log in”, peserta dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan.

“Peserta kemudian akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta dan pola makan peserta. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu,” ujarnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY