Pantai Balikpapan Tercemar Ceceran Minyak, Pertamina Lakukan Isolasi

0

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pertamina RU V Balikpapan bergerak cepat melakukan penanggulangan ceceran minyak yang diketahui
pada pukul 09.30 WITA HSE Pertamina RU V menerima laporan tentang adanya ceceran minyak diperairan disekitar Jetty 1.

Dari peninjauan langsung didapati ceceran minyak dibeberapa titik, mulai dari Jetty 1 sampai ke Jetty 6. Bahkan sampai ke pantai Banua Patra hingga Monpera.

Area Manager Communication and realtion Pertamina Kalimantan, Alicie Irzanova mengatakan HSE RU V langsung berkoordinasi dengan Fungsi Marine Region 6 untuk penanganan ceceran di area perairan sekitar Jetty.

“Dari hasil pemeriksaan sementara belum ditemukan adanya indikasi sumber ceceran yang berasal dari fasilitas operasional Pertamina RU V,” jelasnya (1/5/2017).

Menurutnya saat ini Pertamina RU V masih fokus untuk mengisolasi area yang tercecer agar tidak meluas dengan cara melokalisir ceceran minyak di perairan menggunakan Oil Boom dan diarahkan menuju sisi Jetty RU V agar dapat dilakukan penyedotan ceceran minyak menggunakan vacuum truck.

“Paralel proses penanggulangan di perairan, dikarenakan adanya informasi bahwa ceceran sudah mencapai pesisir pantai Monpera maka RU V langsung menugaskan beberapa personilnya untuk melakukan pembersihan ceceran disepanjang pantai Monpera untuk dilakukan penanganan lebih lanjut,” terangnya.

Dia menambahkan dalam menanggulangi ceceran minyak, pihak Pertamina RU V telah menurunkan berbagai peralatan/ fasilitas antara lain tug boat, kapal tunda, alumunium boat, rubber boat, vacuum truck, oil boom.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY