18 Mei, Jokowi Buka Pemagangan Kerja di Balikpapan Diikuti 1000 Perusahaan

0
Presiden Jokowi saat tinjau Progres Waduk Tritip Balikpapan, 2016 lalu

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kementerian Tenaga kerja menjadwalkan pembukaan bursa Pemagangan Nasional pada 18 Mei 2017 di Dome Balikpapan. Rencananya kegiatan ini akan dibuka resmi oleh Presiden Jokowi.

Program pemagangan kerja yang semula di gelar pada Maret 2017 lalu ditunda karena masalah kesiapan daerah.

Sekretaris Disnaker Balikpapan Asviansyah Mengatakan program pemaganan nasional ini merupakan program kerja dari Kementerian Tenaga kerja yang menjadi tuan rumah Kota Balikpapan dengan panatia penyelenggaran Disnaker Provinsi.
Pemagangan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki program magang. Pemagangan akan dilaksanakan selama 5 bulan.

“Acaranya di Dome 18 Mei bersamaan dengan program pemagangan nasional yang dibuka oleh bapak Jokowi di Balikpapan, ini gawean provinsi, Balikpapan jadi tuan rumah,” ungkapnya.

Program pemagangan ini juga diperuntukan pula bagi pencaker termasuk lulusan sekolah yang tidak melanjutkan kejenjang pendidikan.”Rencananya kegiatan ini akan diikuti 1000 perusahaan. Tapi untuk peserta magangan ini akan melihat kebutuhan atau kuota dari masing-masing perusahaan berapa yang bisa dimagangkan. Nanti dari data itu kita ekspos di appriantice market fair. Mereka itu ada wawancara, seleksi juga.kalau peserta ya pastian ribuan,”jelasnya.

“Magang disini ini betul-betul dinilai kompetensi dan pekerjaan dinilai berdasarkan kemampuan serta pelatihan-pelatihan oleh perusahaan,” sambungnya.

Selain program pemagangan kerja, pemkot Balikpapan sejak beberapa pecan lalu telah memulai pelatihan kerja. Diakui Asviansyah ada lima progam pelatihan yakni setiap program pelatihan diikuti 14 orang. “Seperti pelatihan forklip, uji tanpa rusak, alat berat, mekanik,” sebutnya.

Pelatihan kerja bagi lulusan SMA/SMK yang baru saja lulus, namun belum mendapatkan pekerjaan dapat memanfaatkan program perusahaan. “Disitu juga ada pelatihan-pelatihannya. Kalau pemagangan ini dibiaya pemerintah selama 5 bulan,” sebutnya.

Asvi menambahkan selain program pemagangan ini, juga ada paket pemaganga dari provinsi yang melibatkan sekitar 200 orang. “Dana berasal dari dekontrasi Kementerian Tenaga. Biasanya buka setelah program appriantice ini,”pungkasnya.

Comments

comments

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY